Bagaimana Pemasaran Dapat Membantu Usaha Kecil Tumbuh

Bagaimana Pemasaran Dapat Membantu Usaha Kecil Tumbuh

Jika Anda melakukan semua yang Anda bisa untuk mengembangkan bisnis kecil Anda tetapi tidak ada yang berhasil, Anda mungkin ingin mengambil langkah mundur dan mempertimbangkan kembali bauran pemasaran Anda. Melakukan jenis pemasaran yang tepat di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat memerlukan beberapa brainstorming, penelitian dan pendekatan analitis. Lihatlah bauran pemasaran apa dan bagaimana Anda dapat menggunakan konsep ini untuk mengembangkan bisnis kecil Anda.

Memahami Bauran Pemasaran

Dengan kata sederhana, bauran pemasaran melibatkan teknik, taktik, dan strategi yang Anda terapkan untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek Anda. Bauran pemasaran terdiri dari empat Ps: Promosi, Produk, Tempat, dan Harga. Jika Anda meneliti ide sedikit lebih banyak, Anda akan menemukan bahwa orang menambahkan lebih banyak Ps ke dalam campuran tetapi pemahaman mereka tidak sepenting pemahaman keempat faktor ini. Dalam definisi bauran pemasaran yang baru, mereka juga memasukkan Ps lain seperti: orang, positioning, pengemasan, dan politik. Berikut adalah pemahaman dasar tentang empat Ps dasar campuran.

Produk: Bisa juga layanan-apa pun yang Anda jual

Harga: Nilai yang ingin Anda dapatkan ketika Anda menjual item.

Tempat: Lokasi yang tepat di mana Anda menjual produk.

Promosi: Campuran aktivitas dan kampanye yang Anda masukkan untuk menyebarkan kesadaran produk Anda dan meningkatkan penjualannya.

Untuk memperluas bisnis Anda, Anda harus mencapai kesempurnaan dalam bauran pemasaran Anda. Anda harus mencapai keseimbangan di semua bidang campuran untuk strategi yang sukses. Berupaya mencapai keseimbangan yang benar sejak awal akan membantu Anda meletakkan fondasi bisnis yang menghadapi perjuangan paling sedikit dalam hal ekspansi dan pertumbuhan.

Menggunakan Bauran Pemasaran untuk Pertumbuhan Usaha Kecil

Untuk menciptakan bauran pemasaran yang tepat, Anda harus memahami produk Anda pada intinya. Ketika datang ke produk, Anda harus memiliki pemahaman penuh tentang hal itu. Apa produk anda? Masalah apa yang dipecahkannya? Bahkan jika produk Anda memecahkan masalah, apakah Anda telah merancang sedemikian rupa sehingga calon pelanggan akan melihatnya dan tahu apa yang seharusnya dilakukan? Setelah Anda tahu produk Anda dengan baik, Anda bisa mendapatkan Ps lain dari bauran pemasaran. Berikut adalah sedikit pemahaman tentang cara kerja bauran pemasaran.

Mengikat Produk dengan Harga
Ini bisa menjadi salah satu hal tersulit yang harus dilakukan oleh sebagian besar pemilik bisnis. Meskipun ini adalah pekerjaan untuk departemen pemasaran, Anda tidak selalu memiliki departemen pemasaran khusus saat Anda masih menjadi startup. Ketika Anda akan menetapkan harga produk Anda, Anda harus mempertimbangkan banyak faktor. Pertama, jenis audiens apa yang menarik bagi produk Anda? Materi apa yang telah Anda buat dengan produk? Berapa banyak persaingan yang Anda miliki di pasar? Apa daya beli dari pasar yang telah Anda rancang produknya? Hanya setelah mempertimbangkan semua faktor ini, Anda dapat menetapkan harga produk dengan tepat. Perlu diingat bahwa ketika Anda adalah bisnis baru, Anda tidak dapat menagih pelanggan Anda untuk nilai Anda karena tidak ada nilai bagi pelanggan dalam membeli produk Anda pada tahap ini.

Mengikat Harga dengan Tempat
Anda tidak dapat memikirkan satu komponen individual dari bauran pemasaran pada satu waktu. Anda mungkin telah menciptakan produk yang tepat tetapi pertanyaannya adalah “apakah Anda menjualnya kepada orang yang tepat?” Bagaimana jika produk Anda lebih menarik bagi para remaja tetapi Anda menargetkan orang-orang yang berusia di atas 35 tahun? Bagaimana jika Anda tahu target audiens Anda tetapi menempatkan produk di tempat yang salah? Mungkin barang Anda lebih laku online tetapi Anda menaruhnya di rak-rak toko ritel. Sekarang Anda tahu “tempat” di mana Anda perlu menjual produk, Anda juga harus menetapkan harga barang. Misalnya, produk yang Anda rancang untuk remaja harus terjangkau dalam uang saku mereka.
Selain itu, produk Anda mungkin menarik untuk ceruk pasar tetapi Anda mungkin telah memberi harga terlalu rendah. Akibatnya, terlalu sedikit orang yang akan membelinya dan pendapatan Anda tidak akan menutupi pengeluaran Anda. Anda harus yakin bahwa Anda menutupi biaya dalam jumlah pembelian terbatas yang terjadi.

Tempat Pengikatan dengan PromosiKetika melihat tempat dan promosi sebagai kombinasi, Anda harus yakin bahwa Anda mempromosikan produk Anda di tempat yang tepat. Apakah produk Anda lebih menarik bagi wanita daripada untuk pria? Jika ya, Anda harus mempertimbangkan untuk mempromosikannya di platform jejaring sosial di mana wanita lebih aktif mis. Pinterest. Selain itu, kegiatan promosi Anda harus sesuai dengan tempat. Misalnya, jika Anda mempromosikan di area di mana ada penggemar Athletics Oakland, Anda tidak ingin mengenakan kaos dan peralatan San Francisco Giants.
Menggabungkan Semua Ps
Setelah Anda membuat produk yang tepat, menetapkan harga dengan sempurna dan menyusun strategi kampanye promosi Anda, Anda harus membawa produk di tempat yang tepat agar semua pekerjaan Ps berhasil. Menciptakan produk yang tepat, menetapkan harga dengan benar dan mempromosikannya dengan semangat tetapi di tempat yang salah akan menghasilkan respons yang mengecewakan. Hanya karena Anda pandai dengan salah satu dari Ps bukan berarti Anda akan sukses dalam diri orang lain juga.
Sekarang Anda memiliki gagasan yang baik untuk mengikat Ps bersama-sama, Anda harus memiliki rencana jalan lengkap tentang bagaimana Anda akan menjual produk Anda. Ini akan membutuhkan banyak kerja pada tahap awal. Anda tidak dapat mengetahui pasar Anda kecuali Anda melakukan survei dan menghabiskan waktu mengumpulkan data tentang pasar. Pada saat yang sama, Anda harus melakukan riset menyeluruh tentang pasar untuk mengetahui bagaimana Anda akan menetapkan harga produk Anda. Ketika datang ke promosi, Anda harus keluar dari metode konvensional dan berpikir lebih digital. Anda mungkin juga membentuk tim khusus untuk pemasaran media sosial dan analisis situs web.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *